Jumat, 08 Agustus 2008

Minuman Isotonik Bagi Pasien DBD

Minuman Isotonik Bagi Pasien DBD


Minuman isotonik mengandung berbagai mineral dan karbohidrat yang bisa membantu mengatasi hilangnya cairan dalam tubuh akibat keluarnya keringat. Minuman berion itu juga bermanfaat bagi penyakit yang penyembuhannya memerlukan pasokan cairan, seperti demam berdarah dengue (DBD). Itu disebabkan penderita DBD mengalami kebocoran plasma dalam darah sehingga memerlukan pasokan cairan yang banyak.

Dalam kondisi seperti itu, minuman isotonik bermanfaat memasok cairan yang dibutuhkan penderita, melengkapi terapi dengan cairan infus yang langsung diberikan ke pembuluh darah pasien.

Bagi para penderita diare yang banyak mengeluarkan cairan, minuman isotonik bisa membantu menyuplai cairan pengganti dan energi.

Meski demikian, terkadang ada orang-orang yang sensitif terhadap isotonik. Mereka malah justru mengalami diare setelah mengonsumsi minuman isotonik.

Selain itu, ada pula beberapa orang dengan penyakit tertentu yang tidak tahan dengan minuman isotonik. Penderita penyakit ginjal, misalnya, tidak boleh berlebihan menambah asupan mineral dari minuman isotonik, karena bisa memperparah penyakitnya. Demikian juga bagi orang-orang hipertensi, kelebihan natrium bisa berpengaruh pada meningkatnya tekanan darah.

Namun, Intan Laila, ahli gizi dari Klinik Medicare, Jakarta, menyebutkan bahwa minuman isotonik umumnya memiliki kandungan mineral yang relatif rendah. Karena itu, efek samping karena kelebihan mineral akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman isotonik jarang dan bahkan belum pernah terjadi.

Untuk lebih amannya, konsumen perlu mengamati label pada kemasan minuman isotonik sehingga bisa memperkirakan berapa persen kebutuhan mineral yang sudah tercukupi dari minuman tersebut dan berapa persen yang masih harus dipenuhi dari sumber makanan dan minuman lain. Misalnya, air kelapa. Air kelapa memiliki komposisi yang hampir sama dengan minuman isotonik. Air kelapa mengandung karbohidrat, protein, mineral, termasuk K, Na, Ca, dan Mg serta vitamin, yakni vitamin C dan vitamin B kompleks.

Tidak ada komentar: